https://preventif-cybercrime.blogspot.com/2019/03/internet-cakap-dalam-dunia-milenial.html

    Semakin majunya teknologi di Indonesia, semakin banyak digunakannya internet dalam kehidupan sehari-hari. Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah rantai kedidupan manusia. Namun sangat disayangkan dalam pengaplikasiannya, internet masih saja disalah gunakan. Penyalahgunaan internet yang tidak sehat dapat membuat perilaku pengguna menjadi tidak sehat pula. Itulah mengapa kita harus menjaga kesehatan kita dalam berinternet, yang membuat hidup semakin sempurna.

Pengertian internet sehat

    Internet sehat juga bisa diaritikan sebagai cara berperilaku yang beretika saat mengakses suatu informasi dari internet, selain itu pengunjung internet

Mengapa harus ada internet sehat ?

    Aktivitas internet sehat bukan berarti internet itu sedang sakit atau punya penyakit. Internet bukanlah orang yang harus diobati oleh para penggunanya. Gerakan internet sehat itu muncul karena aktivitas dari para penggunanya yang suda bebas mengakses apapun tanpa ada batasan apapaun dan tanpa aturan hukum yang mengikat.

    Banyaknya aktivitas-aktivitas internet yang ilegal membuat internet menjadi tekologi yang berbahaya bagi penggunanya, aktivitas yang sering dilakukan adalah Warez (pelanggaran hak cipta suatu karya), Cyber Bullying (penghinaan dan kata-kata kasar di internet), Penhinaan dan Pelecehan SARA, Konten Dewasa dan aktivitas lainnya.



https://preventif-cybercrime.blogspot.com/2019/03/mengedukasi-masyarakat-dalam-melawan-cyber-crime.html

Bagimana cara menerapkan internet sehat ?

    Internet sehat bisa dilakukan dengan mudah, kini sudah banyak ditemukan aplikasi-aplikasi canggih guna membantu para pengguna agar aman dari kejahatan-kejahatan yang dilakukan di internet. Berikut beberapa hal yang mendukung untuk mengakses internet sehat :

1. Hindari situs atau forum yang berbahasa (menjurus ke aktivitas kejahatan internet).


2. Pasang aplikasi parental control bagi orang tua yang anaknya suda mengenal tentang internet dan menggunakannya.



https://preventif-cybercrime.blogspot.com/

3. Berikan sosialisasi kepada anak sejak dini soal hal baik dan buruk menggunakan internet.

4. Gunakan DNS yang bisa memblokir situs yang bersifat membahayakan.

5. Pertebal iman dan agama adalah satu Firewall yang utama dalam pengguna internet.

Kapan sebaiknya aktivitas internet sehat ini mulai diterapkan ?

    Sebaiknya aktivitas internet sehat mulai diterapkan sejak dini, disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mewujudkan aktivitas internet yang sehat dan hidup yang sempurna. Anak itu kebanyakan adalah korban dari kejahatan di internet. Dampak buruknya dapat merubah psikologis anak, anak masih belum bisa menentukan baik buruknya suatu aktivitas yang berada di sekitarnya termasuk kejahatan internet.